Selasa, 19 Januari 2016

Air Terjun Curug Dawuan



Curug Dawuan Atas. Foto by : @fajar_kakoi
Air Terjun Curug Dawuan, berada di Ds. Santanamekar Kec. Cisayong Kab. Tasikmalaya adalah Air Terjun/Curug yang berada di kaki Gunung Galunggung merupakan curug yang masih alami dan masuk area hutan, jalan menuju lokasi memang sangat menantang terlihat di pinggir jalan setapak terdapat jurang yang sangat curam dan rimbunnya pohon-pohon besar, di perjalan kita bisa menemukan segerombolan monyet dan juga oak jawa yang bergelantungan jadi cukup menghibur walaupun perjalanan yang sukar dilewati.

Curug Dawuan Bawah. Foto By : @fajar_kakoi

Sesampai di lokasi anda akan terpukau dengan pesona alam yang liar dan alami terbukti dengan air yang begitu jernih, bahkan saking jernihnya pantulan langitpun akan terlihat seolah-olah air pun berubah warna menjadi biru. Penasaran dengan kedalaman air yupps sepintas seperti dangkal padahal pas anda coba tuk berenang dan nyebur ke kolam anda akan tau betapa dalamnya kolam tersebut ya sekitar kira-kira 5 meteran, cocok untuk yang hobi meloncat dari atas air.

Curug Dawuan Bawah. Foto by : @fajar_kakoi

Akses menuju ke sana adalah melalui jalan Cisayong atau dari Jalan baru Cising (Ciawi-Singaparna) belok ke kiri nanti ada plang atau lurus kalau dari arah Cisayong menuju ke Santanamekar. Dipertigaan anda akan menemukan papan pemberitahuan arah menuju Curug Blek atau Curug Putih, dua-duanya bisa dilalui mau ke arah kiri atau lurus juga bisa. Sampai di portal karena masuk area Parkir Curug Batu Blek anda akan dikenakan biaya masuk sekitar Rp. 5.000,- dari parkiran motor disimpan dan dititipkan ke petugas parkir masyarakat disana, melewati warung-warung kecil anda akan memulai perjalanan, perjalanan menuju ke sana lumayan jauh kata masyarakat sekitar sekitar 2 atau 3 jaman cukup menguras tenaga dan anda akan terkecoh dengan jalur antara Curug Batu Blek dan Curug Putih karena papan pemberitahuan menuju lokasi tidak ada. Belok kiri dan sedikit naik ke atas anda akan masuk hutan yang jarang terjamah oleh manusia, sedikit gelap karena rimbunnya pohon, dan juga medan jalan melalui jalan setapak yang pinggirnya tebing-tebing curam, hati-hati banyak simpangan atau jalur banyak cabang, sebaiknya kalau mau kesana jangan coba-coba tanpa dipandu oleh Guide atau masyarakat sekitar karena salah belok anda akan kesasar di dalam hutan. Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi kami pihak MTMA Tasik mengenai kondisi jalan, dan juga kami siap menjadi pemandu anda jika anda membutuhkan kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar